Cara Mengoptimalkan Kinerja Otak Manusia

Beberapa waktu lalu, tepatnya hari Minggu tanggal 07 Oktober 2012, Saya beserta istri dan anak-anak menghadiri acara Seminar Pendidikan Anak dg Judul: “Alhamdulillah, Balitaku Khatam Al-Qur’an”.

Seminar ini sebenarnya membahas studi kasus pengalaman Dr. Sarmini dalam mendidik 3 putrinya sampai bisa khatam Al-Qur’an sebelum usia 5 tahun (Balita). Di samping itu, dibahas pula keajaiban kinerja otak manusia yg bisa dilatih sejak usia anak 2 tahun pertama. Bahkan menurut salah satu pembicara, ada hasil penelitian yg membuktikan bahwa calon bayi yg masih berumur 6 bulan dalam kandungan sudah bisa dilatih/dirangsang otaknya menuju target pembinaan yg ingin kita wujudkan.

fungsi otak kanan dan otak kiri

Gambar 1. Fungsi kerja otak manusia dan bagiannya. Otak kiri berfungsi untuk logika, perhitungan, cara bicara, membaca, menulis, dan analisa. Sedangkan fungsi otak kanan diantaranya adalah membentuk kepribadian, kreativitas, intuisi, implementasi kerja, penampilan, seni, dll.


Salah satu pembicara itu adalah Mbak Nur Islamiah, M.Psi yg membahas aspek psikologis dan perkembangan otak anak. Beberapa keajaiban  otak manusia yg dibahas dan Saya simpulkan dengan bahasa sendiri adalah sbb :

1. Otak manusia memiliki sekitar 200-300 milyar sel yg kesemuanya membentuk harmoni kerjaLebih Produktif Kerja Berkat Facebook. Read more ... » untuk mengatur semua respon dan gerak tubuh.

2. Otak bisa dilatih agar produktif sesuai dengan tujuan kita masing-masing. Ibarat kertas putih, otak bisa ditulis/dilatih apa saja sesuai keinginan sang empu-nya otak (dalam hal ini, otak anak-anak bisa dilatih oleh orang tuanya sesuai target pembinaan yg ingin dicapai).

3. Untuk melatih otak agar produktif, sel-sel harus diaktifkan dan bekerjasama satu sama lain yg dihubungkan oleh jaringan khusus yg disebut synaps (sinaps atau sinapsis).

jaringan sinaps, sel-sel otak

Gambar 2. Sel-sel otak yg terhubung oleh jaringan tipis sinaps. Anda bisa lihat cabang-cabang sinaps sangat tipis dan bisa terhenti pertumbuhannya jika otak tidak dilatih berpikir (menurunkan kinerja otak). Namun jika otak terbiasa kita latih berpikir seperti membaca, menulis, analisa sesuatu, berimajinasi, kreatif mencari terobosan, kerja keras, pantang menyerah, dll, bisa menguatkan jaringan sinaps. Hal ini tentu sangat mendukung kinerja otak untuk menghasilkan suatu karya besar dan bermanfaat.

4. Synaps merupakan selaput membran tipis yg merupakan jaringan penghubung antar sel otak. Ia-nya bisa menguat jika dilatih berpikir dan akan melemah jika tidak dilatih. Bahkan sebaliknya jaringan synaps bisa saja putus jika tidak dilatih alias pasif sehingga hubungan antar sel otak terganggu atau tidak produktif lagi.

5. Perhatikan lingkungan sekitar kita ;
a. orang yg bekerja keras dan rutin melakukan suatu pekerjaan sampai tuntas, maka lambat laun produktivitasnya meningkat. Ini akan membuahkan hasil kerja bagus dan sering dihargai dengan penghasilan yg meningkat.
b. Orang yg rajin menuntut ilmu/belajarMencari Mutiara Kehidupan. Read more ... », maka kapasitas otaknya akan mengembang sehingga lebih mudah menyelesaikan suatu masalah dibanding org yg malas belajar.
c. Selain itu, orang yg terbiasa melatih otak dengan menghadapi berbagai macam kesulitan hidupHidup ini Keras atau Lunak Teman?. Read more ... », akhirnya akan dimudahkan TuhanJemput Rejeki dengan Ember Besar. Read more ... » dalam mencapai cita-citaNiat Baik harus Dibarengi Strategi Jitu. Read more ... » karena sambungan sel-sel dan jaringan dalam otaknya mampu menghasilkan sinergi kerja yg harmonis, respon saraf sensorik dan motoriknya bisa menghasilkan karya-karya berguna.

6. -Dalam hubungannya pendidikan anak yg dilakukan Bu Dr. Sarmini pada ketiga balitanya waktu itu, maka dapat disimpulkan Beliau memberikan pembelajaran yg begitu intensif agar ketiga balitanya mau belajar membaca Al-Qur’an setiap hari. Istilah beliau tiada hari tanpa membaca Al-Qur’an. Pola pembelajaran yg dilakukan mengikuti mood-nya anak, tidak memaksa, lebih banyak memberi reward daripada hukuman, dan yg terpenting adalah membuat alat peraga atau tulisan yg berbeda warna agar anak cepat mengenal huruf Hijayyah.

-Beberapa prinsip pembelajaan Al-Qur’an yg diterapkan Dr. Sarmini untuk anaknya adalah : dimulai dg yang paling mudah, dimulai dari anak yg sekiranya sdh mampu, yang susah dipermudah, yang lebih susah dibuat menyenangkan, lihat dan hargai proses usahanya-jangan fokusHidup ini Keras atau Lunak Teman?. Read more ... » pada hasilnya, perbanyak reward dan minimalkan punishment, yang penting setiap hari bersama Al-Qur’an, mencintai Al-Qur’an jauh lebih penting daripada sekedar pandai membaca saja, dll.

Prinsip-pinsip di atas dijelaskan oleh Bu Dr. Sarmini dalam Buku Perdananya : “Alhamdulillah, Balitaku Khatam Al-Qur’an”.

-Kini sejak usia anaknya 5,3 tahun, Dr. Sarmini sedang giat mendidik  anaknya agar bisa hafal Al-Qur’an (tahfidz). Subhanallah, semoga tercapai cita-cita beliau dan menular kepada orang tuaKami Survey TK untuk Ashilah. Read more ... » muslim yg lain.

sinaps, sel otak, membran sel

Gambar 3. Terlihat posisi Sinaps sebagai penghubung antar sel otak. Jika dilihat gambar detailnya sesuai tanda panah, tampak membran sel sinaps yg berpotensi menumbuhkan sel-sel syaraf baru (neuron). Sel syaraf ini jumlahnya bisa milyaran, dan berfungsi membentuk jalur sirkuit otak.

Sel Syaraf (Neuron) dan Sinaps

Menurut Wikipedia, sel syaraf atau neuron merupakan satuan kerja utama dari sistem syaraf yang berfungsi menghantarkan impuls listrik dan terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang). Jutaan sel syaraf ini membentuk suatu sistem syaraf.

Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Dari badan sel keluar dua macam serabut saraf, yaitu dendrit dan akson (perhatikan gambar sel otak di atas atau gambar 3, ada Dendrite dan Axon).

Dendrit berfungsi mengirimkan impuls ke badan sel saraf, sedangkan akson berfungsi mengirimkan impuls dari badan sel ke sel saraf yang lain atau ke jaringan lain. Akson biasanya sangat panjang. Sebaliknya, dendrit pendek. Pada ujung akhir dari akson terdapat sinapsis yang merupakan celah antara ujung saraf dimana neurotransmitter dilepaskan untuk menghantar impuls ke saraf selanjutnya atau organ yang dituju.

Setiap neuron hanya mempunyai satu akson dan minimal satu dendrit. Kedua serabut saraf ini berisi plasma sel. Pada bagian luar akson terdapat lapisan lemak disebut mielin yang dibentuk oleh sel Schwann yang menempel pada akson. Sel Schwann merupakan sel glia utama pada sistem saraf perifer yang berfungsi membentuk selubung mielin. Fungsi mielin adalah melindungi akson dan memberi nutrisi. Bagian dari akson yang tidak terbungkus mielin disebut nodus Ranvier, yang dapat mempercepat penghantaran impuls.

Synaps merupakan selaput membran tipis yg merupakan jaringan penghubung antar sel otak. Ketika janin berusia 17 minggu, jumlah sel otak mencapai 1 milyar. Sel-sel ini kemudian membelah dengan cepat sampai 50 ribu sel setiap detiknya yang akan menempati masing-masing area otak. Setiap area terdapat jutaan sel saraf (neuron) yang berhubungan satu dengan yang lain. Tempat pergantian/neurotransmitter ini disebut sinaps. Sinaps ini jumlahnya bisa milyaran, dan membentuk jalur sirkuit otak.

Menurut sumber lain, sirkuit sinaps juga dibangun oleh belaian kasih sayang, percakapan, tatapan mataApa Gunanya Panca Indra jika Kita Semakin Jauh dari-Nya?. Read more ... » serta bau-bauan yang pernah dicium ketika masih bayi yang dilakukan terus-menerus, penuh kasih saying, dan dengan cara lain yg menimbulkan rangsangan otak positif.

Otak bekerja dengan prinsip gunakan atau buang, sehingga hanya hubungan dan jalur yang sering dilewatilah yang dipertahankan (jalur sinaps yg selalu dilatih berpikir akan terus digunakan-Red). Pada usia tiga bulan, otak mampu membedakan beberapa ratus suara yang didengarnya. Beberapa bulan berikutnya, otak hanya mampu mengenali beberapa suara yang sering didengar.

Memang, begitu banyak macam kecerdasan di otak manusia sehingga kita tidak sadar bahwa kita adalah makhluk yg sebenarnya cerdas. Karena ketidaksadarannya tsb, sebagian ahli berpendapat bahwa manusia umumnya baru memanfaatkan kemampuan otaknya hanya sebesar 10 persen.

================================

Woww….Tidakkah Anda merasa selama ini sudah menyia-nyiakan pemberian Tuhan terbesar yaitu Otak kita? Sekitar 90 persen potensi otakNiat Baik harus Dibarengi Strategi Jitu. Read more ... » belum kita gunakan, dan tanpa sadar sebenarnya potensi tsb kita buat ‘tertidur’ selama puluhan tahun. Lalu kenapa kita masih mengeluh kepada Tuhan bahwa hidup kita selama ini masih saja susah? bukankah kita sendiri yg salah karena tidak memakai potensi otak yg sudah Tuhan beri. Seolah Tuhan berkata kepada Anda : “Kau merengek, mengeluh, dan meminta kepadaKu, namun kau belum juga melek bahwa nikmatKu belum pernah kau syukuri dg cara mengoptimalkannya, sadarlah wahai hamba-hamba-Ku…! Gunakan potensi otakmu yg Kuciptakan untuk keberhasilanEdison : Saya Sudah Kehabisan Kegagalan. Read more ... » hidupmu…!”.

================================

Sejumlah psikolog atau neurolog pun menganjurkan agar setiap individu senantiasa melatih kemampuan otak atau lebih populer disebut mengasah otak. Ada banyak pilihan untuk memberdayakan kemampuan otak. Yakni, membaca, menulis, melihat, mendengar-termasuk bermain musik atau mendengar musik, melakukan olah gerak, merenung, mengkhayal atau melamun. Beberapa neurolog lain malah menganjurkan seseorang untuk melakukan senam otak.

Senam otak adalah gerakan-gerakan yang menciptakan stimulus terhadap otot motorik sehingga tercipta rangsangan. Diantaranya yg Saya baca adalah dengan meletakkan tanganApa Gunanya Panca Indra jika Kita Semakin Jauh dari-Nya?. Read more ... » kanan di depan mata sejajar bahu kiri (sambil acungkan jempol Anda), lalu gerakkan tangan ke kanan mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran sehingga kembali ke titik semula. Lakukan gerakan tangan-jari jempol tsb sambil kedua mata mengikuti perlahan tanpa membuat gerakan leher (leher tidak ikut bergerak).

Saya menyarankan bagi pembaca untuk membiasakan diri menghadapi berbagai ragam kondisi kehidupanHidup ini Keras atau Lunak Teman?. Read more ... ». Caranya yaitu dengan cepat beradaptasi ketika ada kejadian yg mengenakkan atau tidak mengenakkan bagi diri sendiri. Keadaan sedih karena musibah maupun gembira karena pencapaian prestasi harus dikembalikan kepada sang pemilik hati, yaitu Tuhan Semesta Alam.

Dengan bersandar pada kekuatan Tuhan (Hasbunalloh wani’wal wakiil), maka mental kita dikuatkan dalam mengarungi kehidupan yg tidak mudah ini. Kadang kita dibuat terpental jauh dan hampir jatuh ke bibir jurang, terseok-seok keletihan untuk bangkit, terasa seperti mengangkat batu besar naik ke gunung, namun di kala lain kita diangkat-Nya dengan memberikan berbagai kenikmatan hidupKuatkah Anda Bertahan Memegang Roda Dunia?. Read more ... ». Jika hanya mengandalkan kekuatan sendiri untuk mengoptimalkan fungsi otak, tentu Anda tidak akan sanggup. Libatkan Tuhan dengan memohon ampunan kepada-Nya, meminta petunjuk untuk memberdayakan sel-sel otak kita agar tegar menghadapi segala masalah kehidupan. Ketegaran tsb Insya Allah akan menumbuhkan sel-sel syaraf baru dalam sinaps dan akhirnya meningkatkan performa otak kita dalam menghasilkan karya-karya agung dan bermanfaat luas.

Wallahu A’lam Bishawab.

Note : Diolah dari berbagai sumber.

===========================

Jika Anda ingin memesan Buku “Alhamdulillah, Balitaku Khatam Al-Qur’an”, silahkan hubungi Kang Suminta, Pengurus  DPU Daarut Tauhid-Bogor  dg kontak:
Hp. (Bu Euis) : 085782609514
HP (Kang Suminta) : 08568014326
Pin BB (Kang Suminta) : 28bc7278
Format Pesan : Judul Buku+Nama Anda+Alamat+No HP.
Harga Buku + ongkos kirim cukup murah, di bawah seratus ribu rupiah sesuai yg Saya beli via SMS.


Sukses untuk Kita yg Mau Memberdayakan Potensi Otak,

 

Davit
——-
Yg Masih Belajar tentang Kehidupan

Pencarian dari Google :

76 Responses to Cara Mengoptimalkan Kinerja Otak Manusia

  1. Idrus says:

    Subhananllah. Sungguh hanya Allah yang paling tahu berapa kemampuan memori dan kapasitas maksimal yang di miliki otak manusia. Yang pasti bahwa kemampuan itu sangat besar terutama jika di latih dan di biasakan berpikir setiap hari. Kecepatan berpikir dan proses loading akan semakin cepat ketika otak secara konsisten di gunakan berpikir. Itu terjadi karena dendrit pada sel neuron akan terus tumbuh dan menjalin sinapsis baru dengan akson sel neuron sel tetangganya. begitu terus lagi dan lagi ketika kita pun berpikir lagi dan lagi.Sungguh kita termasuk orang yang merugi ketika potensi besar yang diberikan dengan gratis oleh Allah tidak di maksimalkan untuk mendapatkan manfaat bagi kita dan orang lain. Trims Pak Davit dengan postingan artikelnya yang bermanfaat.

  2. tatan sudarta says:

    Trim’s pak Davit. pas sekali infonya anak-anak saya masih kecil-kecil. mudah-mudahan bisa saya praktekan. harapannya mampu mengoptimalkan potensi otaknya.

    • Sama Pak Tatan Sudarta, Saya juga py 2 anak kecil yg msh 8thn dan 4 thn-an. Insya Allah pengetahuan ini berguna bagi kita para orang tua. Saya juga msih terus belajar dan coba praktekin ke anak2 secara btahap. Sukses ukt kita…!

  3. suparwoto says:

    as wib
    Memang otak organ yang penting dan pital yang patut kita
    jaga dengan otak kita bisa berpikir kriatip dengan otak
    kita bisa memberkan printah printah keseluruh anggota badan kita pokok nya otak organ pital mari kita latih dan gunakan untuk ha2 yangpositip baik otak kanan maupun otak kiri agar seimbang
    salam hangat dari saya RWP memang OK

    suparwotoniko.blogspot.com

  4. Aqsal Aidin says:

    Sungguh ilmu yang sangat bermanfa’at Pak Davit. Memang kita selalu saja merasa sudah terlalu capek berfikir dan merasa sudah terlalu banyak yang dipelajari dan dilakukan sehingga sering kali kita malas melakukan atau mencoba hal-hal yang baru yang positif dan dapat merangsang kerja otak kita. Kita lebih suka memperbanyak jam tidur daripada membaca apalagi menulis. Kalau kita sudah tahu bahwa umumnya kita baru memakai 10% dari potensi otak kita, tentu saja kita termasuk orang yang merugi. Mudah2an kita masih diberi kesempatan bagi Allah SWT untuk lebih mendaya gunakan otak kita semaksimal mungkin. Amin…
    Terima kasih Pak Davit atas informasinya.

    • Semoga Pak Aqsal Abidin….Kita selama ini ternyata tidak bersyukur dg kehebatan otak masing2, baru menggunakan 10% saja dari potensi yg diberikan Allah…Semoga kita semakin mendayagunakannya sekarang…

  5. atang says:

    Artikelnya sangat menarik… Pak Davit… Otak memang anugrah ilahi yang telah dianugrahkan kepada manusia, agar manusia berpikir tentang tanda-tanda kekuasaan ilahi, masih banyak rahasia ilahi pada diri manuaia yang belum terungkap…..Salam Sukses (Member RWP)

  6. triya ningsih says:

    subhanaallah betapa besar karunia yang telah diberikan kepada kita semua tp terkadang kita lupa bersyukur pada allah/

  7. jackmachdar says:

    Maha suci Allah dengan segala kebenarannya. Bagaimana anak kita mau jadi apa, tergantung orang tuanya mendidik dan mempersiapkan untuk masa depannya, seperti kita menanam pohon kita harus rajin memelihara dan memupuknya dan hasilnya akan kita dapatkan pada hari tuanya. Jadi bagaimana kita sendiri mendisainnya, mau jadi dokter, polisi, insinyur bahkan mau jadi presidenpun, paling tidak kita harus mempersiapkan sesuai dengan yang kita inginkan. Tuhan tidak akan merubah suatu kaum bila kaum itu sendiri tidak ingin berubah. Hidup ini tergantung kita sendiri. Ora et labora

  8. Terima kasih pak Davit saya sekarang akan belajar untuk mengoptimalkan kerja otak saya.

  9. kukuh says:

    wow sangat bermanfaat sekali!!

  10. Robby says:

    Terima kasih Pak David, informasi yang sangat menarik dan perlu dikreatifitaskan dalam bentuk kehidupan. Goods

  11. kadouniks says:

    txpak Davit, artikelnya sangat bermanfaat menambah ilmu kita. allah memang maha… sayang, masih banyak orang, terutama kaum ibu, yang gak suka baca. mereka lebih suka pakai internet utk up-date status aja. aku lagi berupaya mengajak orang – minimal tetanggaku – untuk suka membaca lewat artikel yang aku ulas mulai dari lingkungan, meningkatkan ibadah, dll. kalau boleh, aku minta ijin nih untuk meyertakan tulisan pak davit di blog aku : http://TEMPATNGOMEL.blogspot.com. tx.

  12. Suroso says:

    Terima kasih Pak Davit atas share ilmu pengetahuan yang bermanfaat… semoga Allah SWT membalan dengan kebaikan yang berlipat ganda. aamiin…YR’A.

    Salam Sukses Dunia sampai Akhirat,
    Suroso

  13. jangan takut menghadapi setiap masalah, karena setiap masalah pasti ada solusinya…
    semakin banyak masalah yang harus dihadapi, semakin bagus untuk perkembangan otak…
    nice share mas…

  14. sipoel says:

    satu kata ” sangat bermanfaat”. trims

  15. Abunashar says:

    Terima kasih pak davit, bahasannya ringkas dan padat namun mudah dimengerti. Subhanallah begitu besar nikmat yang telah diberikan Allah kepada Kita

  16. dian says:

    alhamdulillah, terima kasih..inspirasinya….smg bisa belajar mengoptimalkan otak kanan…

  17. Subhanallah, Allah memberikan kepada kita nikmat yang tiada tara banyaknya. dengan diberikannya Otak kiri dan otak kanan optimalkan dengan cara mensyukuri pemberian otak kepada kita, janganlah disia-siakan. Makasih pak Davit artikelnya, mudah-mudahan bermanfaat bagi perkembangan bangsa Indonesia khususnya, dan umat manusia umumnya.

  18. hafi.hafies says:

    Dalam Al-Qur’an Allah selalu memerintahkan manusia untuk selalu berfikir itu dikarenakan kita sudah diberi potensi otak yang sangat luar biasa… smoga kita bisa mempergunakan dengan sebaiknya…

  19. inspiratif sekali tq artikelnya semoga bnyk memberi manfaat…jadi mo pesen bukunya nih

  20. sean says:

    Thanks yea Om Davit atas oleh2 ilmu dan pengalamannya, smoga brmanfaat for all of us!

  21. hendra un says:

    Bagus pak, ilmu yg disajikan tidak sia2 nih.semoga ilmu yg diberikan bermanfaat bagi saya.. sukses selalu dalam lindungan allah..

  22. Bunda Nada says:

    Subhanallah, maha suci Allah yang telah menciptakan otak sebegitu dahsyatnya. Namun seringkali manusia berlindung di bawah kata ” nasib” yang seolah2 nasib itu sudah pasti, padahal kita tidak tau nasib kita yang sebenarnya bagaimana, padahal Allah sudah menciptakan perangkat yag begitu canggih untuk kita berjuang mengarungi hidup

  23. kodir says:

    syukur alhamdulilah AL-QURAN dim jadikan pedoman hidup,,,

  24. Endang Sufiadi says:

    Naskahnya sangat bermanfaat
    Terimakasih pak Davit
    Selamat berkarya, salam bagi keluarga.

  25. endang says:

    Terima kasih infonya,memang sangat perlu ilmu2 anatomi /organ2 tubuh manusia,yg ada terutama perkembangan anak2 mulai dlm kandungan sampai balita,kalau tidak mau keting galan dengan perkembangan teknologi/IT yang makin hari makin berkembang,dimana ibu2 muda saking asyiknya kerja, makanan instan yg sering diberikan pada anak2

  26. Taufiq says:

    Thanks banget Infonya ya…
    Selamat berkarya…dan semoga bermanfaat utk saya
    amiin…

  27. yans says:

    Alhamdullilah saya bisa mendapat artikel seperti ini, mudah-mudahan dapat di terapkan dalam keluarga ku…amiin.

  28. selly malonda says:

    Bagus artikel ini untuk kita semua, agar semua insan yang ada dapat melatih otaknya sampai kapanmu dengan tidak usah membayar…..bersyukurlah bahwa Allah pemberi semuanya.

  29. Tedy says:

    Artikel bagus

  30. artaty says:

    Terima kasih P Davit, semoga kita dapat mengoptimalkan fungsi otak kita dengan benar dan baik.

  31. slam says:

    Subhanalloh, sungguh luar biasa penjabarannya jadi semakin penasaran ,….

  32. jonny ismail says:

    subhanollah,maha suci allah dengan segala ciptaannya.setelah membaca tulisan darikang davit,saya semakin yakin kalau ternyata manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna.semoga kita bisa menjadi manusia yang sukses.amin

  33. suhaimi says:

    Masya Allh …
    Mantab Boss Heee :D

  34. noviansyah says:

    trima kasih,atas artikelnya mas…

  35. herbal bogor says:

    betul sekali mas davit, otak memang harus terus diasah kemampuannya utk selalu berpikir agar tdk beku atau pikun jika tdk beraktivitas sedikitpun

  36. wah ini artikel yang berkwalitas

  37. Allahu Akbar, ciptaan Alloh sungguh luar biasa, otak memang amazing, baru 1 bukti kebesaranNya, belum yang lain-lain seperti enzim, hormon, sidik jari, dll.

  38. Sulistyo says:

    Alhamdulillah bisa ketemu artikel sebagus ini, Begitu hebatnya Allah menciptakan otak. Tiada yang sia2 apa yang diciptakannya.

  39. muadz says:

    pencerahaan optimalisasi otak yang bermanfaat , semoga kita bisa mengoptimal kan otak yang sudah tidur puluhan tahun lamanya, sukses selalu mr. davit

  40. imam taufik says:

    Alhamdulillah……semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. AAmiin

  41. imat says:

    Terima kasih artikelnya Pak Davit.
    Artikelnya menggugah, namun saya masih tetap belum ketemu caranya mendapatkan Jalan Penghidupan yang menentramkan.
    Saat ini saya masih bekerja di sebuah perusahaan, pAdahal bathin saya sudah sangat ingin berhenti kerja, namun masih saja belum kefikiran, langkah apa yang akan nanti saya lakukan.
    Ya hanya bergantung kepada Alloh, semoga saya segera mendapatkan petunjuk, untuk menggunakan otak kanan dan kiri saya semaksimal mungkin.
    Saya harap, tetaplah beri saya support pak, agar saya bisa mandiri, dan tidak ketergantungan kepada perusahaan orang lain.
    Trimakasih Pak Davit
    Sukses selalu untuk Bapak

    • Bu Imat yg sedang mencari jalan ketentraman,
      Hidup bahagia dimulai dari proses memilih dan bertanggungjawab thd pilihan kita.
      Jika saat ini Ibu sudah tdk merasa tentram pada pilihan kerja sebelumya, coba keluar dari lingkaran tsb, lalu ikhtiar mencari jalan yg bs memberi ketentraman batin buat ibu dan keluarga. Tidak mesti frontal langsung keluar kerja, tapi perlahan2 misalnya dg merintis usaha sampingan…
      Keluarlah jika sudah siap dg bisnis tsb..

      Sukses utk kita yg mau ikhtiar,
      Davit

  42. Harun says:

    Subhanallah…setelah membaca artikel pak davit saya jadi tau cara kerja otak manusia, terima kasih pak davit….sukses selalu

  43. jimmy.s says:

    trim’s p.Davit u artikel nya yg sngt bermanfaat ini>

  44. Informasi ini sangat bermanfaat. Terimakasih

  45. zuardi zain says:

    Ass.w.w. Alhamdulillah terima kasih artikelnya sangat bermanfa’at,semoga dapat membantu mempercepat meningkatkan kemampuan kader-kader muslim sejak balita yang mencintai al-qur’an sebagai sumber iman, ilmu pengetahuan dan pedoman hidup umat manusia.Semoga umat islam berjaya ami. . . .n ya rabbal’alamin. Wassalam

  46. triyanto says:

    terimakasih oleh-olehnya pak davit. Pengetahuan yg sangat
    bagus..semoga bermanfaat bagi siapa saja yg membacanya

  47. putri erita says:

    tq pak davit telah membagikan ilmunya, sangat berguna bagi saya ..dan dapat diterapkan dalam keluarga ..mudah2an kedepan lebih banyak anak2 balita hafiz alquran..

  48. nice artikel, jadi kita baru pake 10% dr kemampuan otak kita….90% kemana? moga bisa share lagi di artikel berikutnya…salam sukses bersama

  49. mantap pak, dengan pemaparan yang luar biasa semoga bisa diterapkan dalam aplikasinya

  50. achmads says:

    trims pak davit…sangat bagus artikelnya.

  51. Amazing, Sebuah artikel yang membuka kesadaran tuk mengoptimalkan potensi seorang mahkluk ciptaan Allah yg luar biasa.

  52. Diet Ramping says:

    wow.. saya baru ngerti kinerja otak. luar biasa :)

  53. Thanks artikel nya…sangat bermanfaat :)

  54. angga restu fauzi says:

    subhanallah allah telah menciptakan segala sesuatu itu pasi ada manfaatnya dan tidak sia-sia, so manfaatkanlah segala sesuatu yang telah di anugerahkan tuhan kepada kita kawan-kawan semuanya

  55. nardi s says:

    Sayang sekali banyak manusia menyia-nyiakan “hadiah” gratis dari Tuhan

  56. Subhanalloh..

    Alloh menciptakan manusia dan semesta dengan sempurna, tidak ada yg sia2..
    Terimakasih pak Davit, sharing informasinya luar biasa.

    Sering kali kita tidak sadar bahwa potensi diri ini sangat luar biasa. Banyak dari kita berfokus pada kesulitan dan kegagalan yang menghambat daya maju kita karena “pengalaman buruk” mengganggu/ menarik semangat kita ke level bawah.. Padahal seperti yg diungkapkan di atas, banyak dari kita “hanya” memakai 10% kapasitas otak kita. Artinya kita masih bisa berkembang lebih besar lagi.

    Jadi mari berfokus pada 90% kapasitas otak kita yg belum dipakai.. Latihan membuat otot otak kita memnguat dan besar. Berarti nantinya bisa dipakai untuk menggapai hampir apa saja yg kita inginkan (dengan seijin Alloh), iya kan pak Davit.

    Jadi Sobat, mari terus belajar dari yg lebih pintar misalnya, pak Davit supaya kita bisa ketularan pintarnya. Dosen saya dulu pernah bilang, bahwa “Profesor kita menguasai ilmunya karena belajar lebih dahulu dari kita/ hanya lebih dulu semalam”. Kebaikan menanti di depan untuk siapa saja yg mau belajar dan bangkit sekali lagi lebih banyak dari “jatuhnya”, terus ikhtiar mencoba berbuat baik..

    Semoga posting pak Davit ini mencerahkan kita semua.. Aamiin.

  57. Sofree Dian says:

    sangat sempurna ciptaan Allah

  58. Sofyan Effendy says:

    LUAR BIASA .. Nikmat yg ALLAH berikan kepada kita memang tiada tara .. Tak sepantasnya kita mengeluh dalam kondisi dan keadaan bagaimanapun …. Mari sama – sama kita maksimalkan otak kita untuk kehidupan yang lebih hakiki …

  59. Ternyata otak kita memang luar biasa. Dengan stimulasi yang benar sejak kecil, tentu akan berperan besar dalam kehidupan kita. Terima kasih artikelnya pak Davit.

  60. Ayu Ariani says:

    Makasih artikelnya pak Davit. Jadi makin yakin kalau setiap manusia sebenarnya punya modal luar biasa, hanya saja sering kitanya yang malas berusaha.

  61. itu sebabnya ada istilah otak kita adalah raksasa yang sedang tidur, itu karena potensi otak yang kita gunakan masih sangat sedikit bayangkan jika kita bisa mengoptimalkannya sampai 30% saja pasti luar biasa..terima kasih atas infonya pak davit hal itu menyadarkan saya bahwa tidak baik mengeluh kepada Allah atas apa yang ia berikan karena apa yang ia berikan bukan main luar biasanya..

  62. subhanallah,,
    apapun bisa terjadi dengan kehendak allah…. selagi kita mau dan mampu semuanya akan terjadi….

  63. Infonya sangat menarik pak Davit, terima kasih sharingnya yah

  64. Subhanallah Allah memang menciptakan otak yg begitu sempurna cara kerjanya

  65. Luar biasa Allah menciptakan Otak Manusia, semoga dengan segala kelebihan yang Allah berikan pada diri kita dapat bermanfaat untuk orang lain , lingkungan, masyarakat, dan juga bangsa ini.

  66. siloregi says:

    smoga synaps-synapsku slalu dikuatkan olehNYA, Amin…..

  67. Makasih pak…. sangat bermanfaat sekali

  68. video email says:

    di coba ah, mudah mudahan otak saya menjadi smart dan melezit menjadi lebih oke, makasih pak, artikelnya sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Info ini juga Berguna Sobat :close