Paket Bimbel Nyantri + Wisata Arung Jeram :

Paket Bimbel Nyantri + Wisata Arung Jeram :

Paket Baru Bimbel Bisnis Online RWP ditambah Paket Wisata Arung Jeram. Peserta ikut kegiatan Arung Jeram + Flying Fox/Paintball + dapat oleh-oleh dari Kota Bogor. Baca Lebih Lanjut »

Berlibur ke Pantai Kuta-Bali :

Berlibur ke Pantai Kuta-Bali :

Liburan seru di akhir tahun 2015. Kami berangkat Bogor-Bali lewat jalur darat dg menggunakan Mobil RWP selama 40 jam. Capek sesampai di Denpasar, Kami rileks di Pantai Kuta yg bersih & berpasir putih...! Baca Lebih Lanjut »

Asyiknya Olah Raga di pinggir Pantai Tugu Pensil Tanjung Pinang.

Asyiknya Olah Raga di pinggir Pantai Tugu Pensil Tanjung Pinang.

Setelah capek online berbulan-bulan, kini saatnya merilekskan tubuh dan pikiran di pinggir pantai. Duh, rindu selalu suasana seperti ini...! Baca Lebih Lanjut »

Pantai Cibangban-Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Pantai Cibangban-Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Pada libur lebaran tahun 2014 ini, kami sekeluarga memilih lokasi wisata di Pantai Sawarna-Banten dan Pantai Cibangban-Sukabumi. Kami berangkat di saat orang lain sudah masuk kerja hari pertama, tgl 4 Agustus 2014. Baca Lebih Lanjut »

Berlibur ke Pantai Andriyani-Pasir Putih, Jogjakarta

Berlibur ke Pantai Andriyani-Pasir Putih, Jogjakarta

Pantai Andriyani di Jogjakarta memiliki pantai yg indah dg pasir putih dan deburan ombak khas Pantai Selatan...! Anak-anak betah bermain pasir di sana. Baca Lebih Lanjut »

Mengajak Anak-anak & Istri ke Cibalung Happy Land - Wisata Alami

Mengajak Anak-anak & Istri ke Cibalung Happy Land - Wisata Alami

Karena Saya sibuk ngajar Sabtu-Minggu, maka hari libur ditetapkan selain hari Sabtu&Minggu. Anak-Anak diajak berlibur biasanya sepulang mereka sekolah. Ini adalah liburan Kami pada hari Kamis, 6 Pebruari 2014 ke Tempat wisata alam Cibalung Happy Land-Bogor.. Baca Lebih Lanjut »

 

Ketika Kita Dikecewakan Orang Lain

jika anda kecewa pada orang lain

Apakah Anda pernah merasa dikecewakan orang lain?

Apakah Anda sering bergantung pada bantuan orang lain?

Apakah Anda sering down ketika menghadapi masalah dg orang lain?

Ah, kayaknya semua dari kita pernah mengalami hal-hal tersebut. Namun bagaimana sikap kita menghadapai masalah dg orang lain, tentu setiap orang punya kemampuan yg berbeda-beda.

Sikap kita ketika dikecewakan orang lain justru lebih penting dari pada kekecewaan itu sendiri.

Ada orang yg selalu mengikuti kita ke mana saja, seolah-olah sudah jadi teman setia. Namun tiba-tiba pada suatu hari, Anda akan kaget setelah mengetahui ternyata dia mengecewakan Anda saat menghadapi masalah. Dia justru malah menjauh ketika kita ada masalah & membutuhkan pertolongan.

Bahkan ada orang yg menjadi kepercayaan kita malah membelot dg mengambil pelanggan kita, mengambil barang kita tanpa ijin, dan merusak hubungan bisnis kita dg orang lain.

Ada orang yg biasa-biasa saja menjadi teman kita, pengikut kita yg tidak berlebihan. Namun dia bisa menjadi tempat kita diskusi & menyelesaikan masalah. Namun tetap saja ada keterbatasan kemampuannya ketika kita minta bantuan lebih.

Bahkan jika Anda meminta bantuan saudara dekat sekalipun, namun jika dia mengatakan tidak mampu membantu, maka itu saja bisa membuat Anda kecewa…!

Semua permasalah hubungan dengan manusia di atas tidak ada yg membuat Anda puas kekal abadi. Ada saja kekecewaaan yg bakal Anda alami ketika menggantungkan diri pada manusia.

Hanya ada 1 Tempat yg membuat Anda tidak pernah kecewa dalam menggantungkan harapan : Zat yg Maha Kuat & Kekal Abadi.

jika anda kecewa pada orang lain

Katakan NO WAY jika anda dikecewakan orang lain…! Tidak ada tempat di hati untuk kecewa karena kita punya Allah sbg Zat yg mampu menolong kebutuhan kita apapun jua.

Bergantung Pada Allah Tidak akan Pernah Membuat Anda Kecewa.

Allah adalah zat yg Maha Kuat, Maha Perkasa, Maha Bijaksana dalam memberikan pertolongan, dan zatnya kekal abadi tidak pernah lelah jika kita minta bantuan sebanyak apapun.

Jika meminta bantuan pada manusia ada batasnya sampai dia menyerah, sampai Anda kecewa, maka Allah tidak akan pernah menyerah membantu Anda. Allah tidak akan pernah mengecewakan hamba-Nya yg mau meminta.

Jadi ketika Anda dikecewakan orang lain, maka itu pertanda sinyal bahwa Anda harus mencari tempat yg tidak pernah mengecewakan, yaitu Allah swt.

Apa yg Anda minta? Apa yg menjadi hajat Anda? Kenapa tidak meminta kepada Allah sebagai doa di awal pekerjaan Anda? Lalu konsisten berharap terus sama Allah sampai cita-cita Anda tercapai?

Setelah tercapai cita-cita pertama, terus ungkapkan lagi cita-cita kedua kepada Allah swt. Mantapkan doa sebelum pekerjaan dimulai, istiqomah (konsisten) terus berharap sama Allah siang & malam, bekerja dg sungguh-sungguh baik sendiri maupun bersama tim, Insya Allah Anda tidak akan larut dalam kekecewaan meski ada kejadian yg tidak mengenakkan.

Orang yg berharap sama Allah percaya bahwa setiap kejadian yg menimpanya, itu adalah baik untuk pengembangan diri sendiri.

Meski Anda dikecewakan orang dalam proses negosiasi, meski Anda gagal 1 tahap dalam pekerjaan, namun itu harus Anda bayangkan sebagai cara Allah untuk membesarkan Anda.

Maksudnya membesarkan itu bagaimana?

Anda dibesarkan lewat ujian & kesulitan. Otot Anda menjadi kuat karena berusaha & beruaha lagi, pikiran Anda menjadi cerdas karena selalu mencari jalan keluar, hati menjadi tentram karena ada 1 Tempat menggantungkan harapan yg tidak pernah menyalahi janji-Nya.

Perkara Anda pernah dikecewakan orang lain dalam proses mencapai cita-cita harus Anda anggap sebagai batu loncatan. Ya, itu adalah batu loncatan agar Anda membuktikan diri bisa berhasil tanpa bergantung banget pada manusia.

Kekecewaan harus Anda balas dg membuktikan keberhasilan…!

Jangan Anda balas orang yg pernah mengecewakan Anda, tapi buktikanlah dg keberhasilan…Nanti orang-orang yg pernah mengecewakan Anda akan balik lagi meminta bantuan Anda.

Sudah menjadi tabiat manusia yg jauh dari tuntunan agama bahwa dia akan mendekati  orang-orang yg berhasil, dan akan menjauhi orang-orang yg belum berhasil. Orang seperti ini biasanya mudah goyah imannya. Lemah karakternya. Tidak mau bersusah payah membangun pondasi dari bawah.

Abaikan saja kekecewaan Anda pada orang-orang dg tipe tersebut. Berpihaklah pada orang-orang yg kuat imannya. Yang sama-sama menggantungkan harapan kepada Allah. Bukan menggantungkan harapan pada diri Anda.


Balaslah Kekecewaaan dengan Keberhasilan.

Anda boleh punya tim kerja yg hebat, Anda boleh punya teman setia, namun setiap punya hajat & cita-cita jangan pernah menggantungkan harapan kepada manusia. Bergantunglah kepada Allah dg memegang “talinya” terus-menerus, sembari Anda bekerja bersama tim untuk menyelesaikan proses pekerjaan bersama.

Jika Anda sudah mengenal sifat-sifat Allah yg Maha Baik, maka Anda tidak akan pernah larut dalam kekecewaan.

Fokuskan saja memperbaiki diri setiap Anda merasa kecewa…Karena kekecewaan merupakan sinyal supaya kita belajar lebih baik lagi : belajar bersabar, belajar bertawakal, belajar bertumpu pada kaki sendiri, belajar fokus, dan masih banyak lagi ilmu dari buah kekecewaan.

Allah Maha Baik, Anda tidak akan pernah kecewa jika meminta & menggantungkan harapan hanya kepada-Nya.

Doa mengggantungkan diri pd Allah & tidak pada manusia :

“Ya Allah, cukupkan diriku dg rezeki yg halal dari-Mu, bukan yg haram dari-Mu. Cukupkan aku dg karunia-Mu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapapun selain Engkau”

(HR. Ahmad, At Tirmidzi dan Al Hakim dari Ali bin Abi Thalib ra.).

Jika dalam mencapai suatu impian kita mengalami rasa kecewa, rasa sakit, hati terluka atau fisik terluka, maka itu adalah cara Allah untuk menghapuskan dosa-dosa Anda yg lain.

Memang cita-cita Anda belum tercapai, tapi mungkin sudah banyak dosa-dosa Anda yg dihapuskan Allah karena penderitaan kecewa yg Anda alami. Bahkan rasa sakit karena tertusuk duri sekalipun itu adalah cara Allah untuk menghapus dosa Anda yg lain.

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundahan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya”. (HR. Bukhari no. 5641).

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan itu dosa-dosanya”. (HR. Muslim no. 2573).

Lalu jika Anda sudah mengenal perintah Allah kepada Para Malaikat, yg akan mencatat setiap amal perbuatan manusia, maka masalah sesulit apapun tidak akan membuat Anda kecewa.

Allah memerintahkan Malaikat untuk mencatat amal hambanya dg poin 1 kebaikan jika hamba tsb berniat ingin melakukan suatu kebaikan. Meski niat tsb belum terlaksana, atau impian mulia Anda belum terlaksana, maka itu sudah tercatat minimal 1 kebaikan di mata Allah swt.

Lalu jika niat atau impian mulia Anda sudah terlaksana, maka Allah menyuruh malaikat mencatat poin 10 kebaikan sebagai ganjaran untuk kehidupan akhirat nanti.

Dengan kebaikan Allah yg Maha Baik tsb, apakah Anda merasa kecewa banget ketika dikecewakan oleh orang lain? Apakah Anda merasa sedih ketika cita-cita belum tercapai & malah banyak cobaan sulit yg menghadang?

Jika Anda menggantungkan harapan hanya kepada Allah, maka Anda tidak akan sedih ketika dikecewakan orang lain. Anda tidak akan berhenti berusaha ketika jalan keluar kelihatannya buntu…!

Anda harus balas rasa kecewa dengan bukti bekerhasilan….Anda akan menjadi orang yg kuat fisik & mentalnya karena ditempa berbagai cobaan.

Sekali lagi, balaslah kekecewaan dg membuktikan keberhasilan…!

 

Note:

Silahkan share artikel ini ke sosial media dg menekan tombol share di bagian bawah atau samping kiri artikel ini…!

Pencarian dari Google :

20 Responses to Ketika Kita Dikecewakan Orang Lain

  1. Bambang Sugiharto says:

    Tulisan yang sangat menyejukkan, menentramkan hati dan penyemangat dalam menghadapi tantangan.

    Terima kasih Pak Davit!

  2. yuni says:

    semoga kita semua umat muslim bisa istiqamah menjalankannya tips-tips diatas….aminnn…..

  3. Terima Kasih pak Davit, atas wejangan dan pencerahannya. ini yang sedang saya alami, dan saya akan membalas kekecewaan ini dgn membuktikan keberhasilan..

    • Aamiin..Insya ALlah dikabulkan Allah Pak dg terus berusaha pantang menyerah, sembari berharap sama Allah saja siang & malam. Urusan dg manusia, kita jalani saja sesuai kemampuan. Selebihnya pasrahkan saja pada-NYA.

  4. Alhamdulilah…artikelnya sangat menguatkan jiwa…Mohonlah pertolongan akan harapan, keinginan, cita-cita dan kebaikan dunia-akhirat kita yang ingin dicapai Hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala Rabb yang takkan mengecewakan hamba-Nya…Semoga Allah memudahkan setiap langkah kita…aamiin

  5. Sunardi says:

    Allohu akbar…
    setuju pak Davit, semakin bergantung dan berharap kpd mahluk, semakin sering dan semakin besar dikecewakan, namun dg bergantung dan berharap kpd Alloh yakin solusi dan kepuasan bathin krn Alloh memberikan solusi dg cara yg sering tak terpikirkan oleh fikiran kita. terima kasih pak Davit, telah mengingatkan semoga menjadi Amal sholeh.

  6. firman says:

    sungguh menginspirasi

  7. harga zenius says:

    terimaksih pak Davit atas sharing renungan nasihatnya…in syaa Allaah diberi kekuatan olehNya.

  8. trmksh pak davit…wejangan dan renunganny membuat hati sadar dan terbuka bahwa jangan menggantungkan apapun terhadap manusia cukup hanya kepada allah saja

  9. Kadangkala orang tidak akan perasan apa yang kita beri dan korbankan selama ini sehinggalah kita berhenti membuatnya. Dan kadangkala juga, semakin banyak peluang yang kita beri, semakin kita tidak dihormati. Cukup-cukuplah. Jangan biarkan orang lain berasa selesa tidak menghormati anda. You deserve better.

  10. Satu hari nanti kita pasti akan merasa bahagia dengan kehidupan baru, dengan syarat kita tidak lagi meletakkan harapan pada kisah yang lama. Ketenangan bermula apabila kita memutuskan untuk tidak membiarkan orang lain atau apa yang berlaku mengawal emosi kita.

  11. Shafa says:

    Aamiin Ya Rabbal Alamain..Insya ALlah dikabulkan Allah Pak dg terus berusaha, berdoa, pantang menyerah. Kehidupan bersosial sama manusia kita jalani saja sesuai kemampuan. Selebihnya serahkan pada-NYA.
    Tetap semangat….

  12. Terima kasih pak davit atas wejangan nya, hati saya mulai terbuka lagi untuk tidak bergantung ke selain allah swt, nasehat bpk mengingatkan guru sy dari Manonjaya, Tasik

  13. suka dengan tulisannya
    kekecewaan perlu dibalas dengan keberhasilan

  14. Selamat pagi mas,
    Sepatutnya memang harusnya kekecewaan di balas dengan keberhasilan bukan malah menjadikan kekecewaan sebagai awal kehancuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *