Paket Bimbel Nyantri + Wisata Arung Jeram :

Paket Bimbel Nyantri + Wisata Arung Jeram :

Paket Baru Bimbel Bisnis Online RWP ditambah Paket Wisata Arung Jeram. Peserta ikut kegiatan Arung Jeram + Flying Fox/Paintball + dapat oleh-oleh dari Kota Bogor. Baca Lebih Lanjut »

Berlibur ke Pantai Kuta-Bali :

Berlibur ke Pantai Kuta-Bali :

Liburan seru di akhir tahun 2015. Kami berangkat Bogor-Bali lewat jalur darat dg menggunakan Mobil RWP selama 40 jam. Capek sesampai di Denpasar, Kami rileks di Pantai Kuta yg bersih & berpasir putih...! Baca Lebih Lanjut »

Asyiknya Olah Raga di pinggir Pantai Tugu Pensil Tanjung Pinang.

Asyiknya Olah Raga di pinggir Pantai Tugu Pensil Tanjung Pinang.

Setelah capek online berbulan-bulan, kini saatnya merilekskan tubuh dan pikiran di pinggir pantai. Duh, rindu selalu suasana seperti ini...! Baca Lebih Lanjut »

Pantai Cibangban-Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Pantai Cibangban-Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Pada libur lebaran tahun 2014 ini, kami sekeluarga memilih lokasi wisata di Pantai Sawarna-Banten dan Pantai Cibangban-Sukabumi. Kami berangkat di saat orang lain sudah masuk kerja hari pertama, tgl 4 Agustus 2014. Baca Lebih Lanjut »

Berlibur ke Pantai Andriyani-Pasir Putih, Jogjakarta

Berlibur ke Pantai Andriyani-Pasir Putih, Jogjakarta

Pantai Andriyani di Jogjakarta memiliki pantai yg indah dg pasir putih dan deburan ombak khas Pantai Selatan...! Anak-anak betah bermain pasir di sana. Baca Lebih Lanjut »

Mengajak Anak-anak & Istri ke Cibalung Happy Land - Wisata Alami

Mengajak Anak-anak & Istri ke Cibalung Happy Land - Wisata Alami

Karena Saya sibuk ngajar Sabtu-Minggu, maka hari libur ditetapkan selain hari Sabtu&Minggu. Anak-Anak diajak berlibur biasanya sepulang mereka sekolah. Ini adalah liburan Kami pada hari Kamis, 6 Pebruari 2014 ke Tempat wisata alam Cibalung Happy Land-Bogor.. Baca Lebih Lanjut »

 

Fokuskan Pada Solusi 9 : Masalah 1

Apakah Sobat punya masalah? Apakah masalahnya berat sampai buat pusing kepala? Atau masalahnya pelik sampai ke ubun-ubun?

Samaaa donk….! Semua orang yg hidup punya masalah berat atau ringan. Kadarnya beda-beda sesuai kemampuan seseorang yg sudah diukur Allah. Yang tidak sama adalah : tiap orang akan berbeda dalam menyikapi masalah dalam mencari solusinya.

Ya beda orang, beda cara berpikir untuk mencari solusi…!

Cara Mengatasi Masalah Hidup.

Selama ini mungkin sebagian kita sering merinci masalahnya masing-masing seperti : tanggal jatuh tempo tagihan, beratnya sekolah anak, tingkah laku anak yg suka berantem, hubungan keluarga yg tidak harmonis, bisnis yg berantakan, bosan bekerja sebagai karyawan, dll.

Apakah Sobat pikir masalah Sobat adalah yg paling berat dibandingkan masalah orang lain??

Hmmm….Lihatlah ke bawah…! Masih banyak orang lain yg punya masalah segudang yg jauh lagi pelik daripada kita. Pandanglah tetangga dekat di sekitar rumah kita, atau penduduk di sekitar kelurahan kita, atau rekan kantor tempat kita bekerja. Mereka jauh lebih susah dibandingkan kita. Namun, mengapa kita berpikir bahwa masalah kita paling berat & tidak dapat dipecahkan?

Kalo Sobat selalu memandang ke atas, maka Sobat akan kehilangan rasa syukur. Karena yg Sobat lihat adalah kehidupan orang lain yg lebih senang. Sobat pikir mereka tidak punya masalah (berat). Mereka terlihat lebih gembira dibandingkan kita, mereka terlihat lebih “berpunya”. Jangan silau dulu Sobat…! Karena boleh jadi hati mereka sedang dirundung duka, tapi mereka tidak terlihat mengeluh. Atau boleh jadi mereka sedang diuji Allah dalam berbagai musibah, namun mereka tidak banyak cerita….!

Fokuskan pada Solusi sebanyak 9x.

Kalo Sobat mau dapat jalan keluar dari tiap masalah, maka perkecil membicarakan masalah & akibatnya.  Kalo dalam skala 10, cukup bicarakan masalahnya hanya 1x. Lalu sisanya sebanyak 9x fokuskan pada mencoba berbagai solusi yg muncul dari hasil pikiran & doa-doa kita.

Ya…Kita harus lebih banyak membicarakan SOLUSInya. Perbandingannya 9 : 1 untuk Solusi : Masalah. Sekilas bisa terlihat bahwa dengan membicarakan SOLUSI sebanyak 9x, maka akan bisa menggilas masalah yg hanya Sobat bicarakan 1x. Hal ini bisa terjadi karena pikiran ini kita FOKUSKAN pada jalan keluar (solusi), sehingga akan banyak ide-ide kreatif yg muncul dalam memecahkan masalah.

Apalagi setiap mau FOKUS, Sobat selalu berdoa dulu kepada Allah untuk melaporkan segala usaha yg akan dilakukan & berharap diberikan jalan keluar yg terbaik. Fokus berusaha mencari SOLUSI sebanyak 9x disertai doa sebanyak-banyaknya akan bisa mengeluarkan kita dari himpitan 1 masalah yg tampaknya sulit untuk diatasi…!

Urat syaraf pikiran di otak kita begitu sempurna diciptakan Allah, sehingga setiap kita berpikir mencari jalan keluar, akan tumbuh sel-sel baru di otak. Sel-sel baru tsb disebut Synaps. Dengan sel-sel baru tsb, muncullah kekuatan pada otak kita yg akan menjalar ke seluruh tubuh. Efeknya sangat bagus utk jangka panjang, yaitu Sobat akan kebal (terbiasa) menghadapi masalah sesulit apapun dalam hidup…!

——————————

“Otak manusia memiliki sekitar 200-300 milyar sel yg kesemuanya membentuk harmoni kerja untuk mengatur semua respon dan gerak tubuh”.

“Untuk melatih otak agar produktif, sel-sel harus diaktifkan dan bekerjasama satu sama lain yg dihubungkan oleh jaringan khusus yg disebut synaps”.

“Synaps merupakan selaput membran tipis yg merupakan jaringan penghubung antar sel otak. Ia-nya bisa menguat jika dilatih berpikir dan akan melemah jika tidak dilatih. Bahkan sebaliknya jaringan synaps bisa saja putus jika tidak dilatih alias pasif sehingga hubungan antar sel otak terganggu atau tidak produktif lagi”.

Silahkan baca artikel lengkap pada link berikut :
Cara Mengoptimalkan Kinerja Otak Manusia>>klik.

—————————— 

Jadi, dengan kita berpikir  mencari jalan keluar sebanyak 9x, maka masalah yg dipikirkan cuma 1x tersebut akan teratasi dg ijin Allah melalui kekuatan otak kita & energi positif yg menaungi kita setiap hari..!

Semoga sedikit sharing di atas bisa memberikan jalan keluar buat Sobat yg sedang dirundung masalah…!

Sukses untuk Sobat yg mau Fokus pada Solusi 9x….

 

Davit Putra, RWP
================
Yg masih belajar tentang Kehidupan.
Gabung Free dg Komunitas Diskusi RWP Grup & Promosi Apa saja>klik.

 

Pencarian dari Google :

6 Responses to Fokuskan Pada Solusi 9 : Masalah 1

  1. terima kasih pak artikelnya, manusia memang tidak akan terhindar dari yang namanya masalah, namun bagaimana cara kita mencari solusinya. sebenarnya disetiap masalah yang kita jalani selalu ada hikmah yang Allah berikan. dan bagaiaman caranya kita lulus dari masalah agar mendapatkan hikmah yang telah Allah persiapkan.

  2. Iya betul harus fokus pada solusi jangan memikirkan masalahnya mulu, he

  3. Sebamban says:

    Keuntungan manusia diciptakan oleh Allah diberikan akal agar bisa berfikir. Tidak seperti hewan yang hanya diberikan nafsu.

  4. sungguh inspiratif sekali p davit, usaha memang penting tetapi keyakinan kepada Allah lebih penting lagi supaya tercapai tujuan kita..terima kasih pencerahannya..

  5. Terima kasih artikelnya Pak Davit, inilah kelebihan yang di berikan Allah kepada manusia yaitu akal dan pikiran agar bis menyelesaikan setiap masalahnya.Satu masalah ada banyak jalan keluarnya kalau kita mau berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  6. betul sekali pak, setiap masalah ada banyak jalan keluar kalau kita berpikir untuk mencari solusi.Tapi kalau kita mikir masalah saja tanpa nyari solusi, maka seakan-seakan masalah itu adalah beban yang teramat berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *